Si Lancip Kasiat Yang Terabaikan

Senyum,Salam,Sapa...

 Sahabat Jurnalis SMKN 1 Malingping,taukah kalian dengan tumbuhan yang berdaun lancip? Banyak sekali tumbuhan yang berdaun Lancip Sahabat,namun kali ini kita akan membahas tumbuhan Pohon Pisang. Ada apa sih dengan pohon pisang? Kita tidak akan membahas pohonnya sahabat!
Namun kita akan membahas Daunnya... Kenapa begitu???? Baiklah...sebelum ke Materi kita lihat dulu yu Klasifikasinya!
KINGDOM : Plantae (Tumbuhan)
 SUB KINGDOM: Tracheobionta (Tumbuhan Berpembuluh)
INFRA KINGDOM :Streptophyta (Tumbuhan Darat)
SUPER DIVISI: Spermatophyta (Tumbuhan Berbiji)
DIVISI :Magnoliophyta (Tumbuhan Berbunga)
 KELAS :Liliopsida (Tumbuhan Monokotil)
SUB KELAS : Commelinidae
ORDO : Zingiberales
 FAMILI : Musaceae
GENUS : Musa
SPESIES :Musa paradisiaca
Sudah tau kan? Nah sekarang kita bahas yuk manfaatnya!  

 1.Menetralisir racun serangga  

Daun pisang bisa digunakan jika sahabat di gigit serangga-serangga kecil yang ada di hutan, seperti lebah / tawon, semut, laba-laba yang meninggalkan racunnya di kulit sahabat 
 2.Mengatasi Ketombe   
  Daun pisang bisa juga digunakan untuk mengatasi ketombe sahabat secara alami.  Yaitu dengan membuat sebuah ramuan jus sari daun pisang lalu menggunakannya terus menerus sampai ketombe sahabat hilang. 

 3.Mengobati luka    

  Ternyata daun pisang juga sering digunakan untuk mengobati luka-luka kecil pada kulit. Caranya dengan menghaluskan daun pisang lalu menempelkannya pada luka sahabat,,,waah bisa dipakai PMR SMKN 1 Malingping ya! 

 4.Mengobati demam  

 Daun pisang sudah sering digunakan sebagai penurun panas demam, yaitu dengan cara mengambil daun pisang yang masih muda lalu memberikan minyak kelapa secukupnya lalu ditempelkan ke dahi dan badan.


 5.Mengobati radang atau iritasi       

          Radang atau iritasi pada bayi bisa diobati dengan daun pisang yang dihaluskan dan dijadikan sebagai salap.


 6.Memepercantik Kulit

      Didalam kandungan daun pisang terdapat sebuah zat bernama allantolin yang biasanya digunakansebagai krim kecantikan. Kandungan ini dapat membunuh kuman tidak terlihat pada kulit dan terhindar dari iritasi.  


7.Menambah daya tahan tubuh    


   Didalam daun pisang terdapat sebuah kandungan zat bernama polifenol, yang biasanya dijadikan antioksidan didunia kesehatan. Kandungan ini berguna untuk mencegah tubuh terkena penyakit dan melawan radika bebas. Sahabat tidak perlu memakan daun pisang, untuk mendapatkan khasiat daun pisang ini sahabat hanya perlu membungkus makanan sahabat dengan daun pisang sehingga makanan anda menyerap kandungan ini dari daun pisang.

 Bagaimana sahabat? Masing kurang infonya???   

 Baiklah,TIM KIR SMKN 1 Malingping akan membuat inovasi loh sahabat! Yaitu akan membuat sebuah produk yang memberikan seribu macam manfaat...Tentunya berbahan dasar daun pisang... Sudah dulu ya sahabat,salam dari rekan Redaksi ya!     


                                              REDAKSI      
                                    ZIENDY ZIZAZIANY

Comments

Popular posts from this blog

REVOLUSI INDUSTRI

Kisah Seorang Putri